Tips dan Cara Mengecat Dinding yang Benar

Posted by Unknown on 22.48

Halo apa kabar semua, semoga dalam keadaan sehat selalu. Setelah sebelumnya kami telah memberikan artikel mengenai Tips Sebelum Mengecat Dinding Rumah Minimalis Modern, pada artikel kali ini kami akan melanjutkan yaitu mengenai tips dan cara mengecat dinding yang benar. Bukan hanya disekolahan saja yang harus menjawab pertanyaan dengan benar, mengecat pun agar hasilnya baik, memuaskan dan menjadikan rumah semakin indah harus dilakukan secara benar.

Pertama dengan membersihkan permukaan dinding yang akan dicat. Pembersihan ini dilakukan supaya lapisan cat dapat dengan sempurna menempel di dinding sehingga tidak akan mudah terkelupas. Membersihkan dinding bisa dengan mengelap dinding menggunakan kain kering. Atau bisa juga menggunakan spon yang telah dibasahi dengan air sehingga jika ada noda-noda seperti bekas coretan, noda minyak makanan bisa dengan mudah dibersihkan dengan air. Sambil membersihkan dinding, bisa sambil memeriksa permukaan yang tidak rata dan bergelombang. Agar menjadi rata dengan bagian lain bisa diamplas menggunakan amplas dinding. Amplas dinding biasanya bertekstur lebih kasar.

Tandai bagian yang akan dicat dengan selotip atau kertas yang ditempel didinding. Gunanya untuk melindungi bagian-bagian yang tidak kita inginkan terkena cat/ akan memadukan beberapa warna didalam satu ruangan sehingga tercipta paduan warna yang menarik dan tidak belepotan.
wadah cat dinding

Bagian penting ini harus diperhatikan agar tidak berantakan dan mendapatkan kekentalan cat yang pada rol. Tuangkan cat kedalam wadah seperti gambar di atas secukupnya saja. Usahakan jangan sampai cat menutupi bagian siku wadah saat menuang cat. Setelah menuangkan cat kedalam wadah, masukkan rol pada wadah, kemudian rol dibolak balik sehingga cat akan terserap secara merata pada rol. Agar cat tidak menetes saat rol diangkat, sebaiknya biarkan rol digulung-gulung diatas wadah hingga cat tidak menetes dari rol.

Inilah saatnya mengecat. Jangan grogi dan tetap santai, mulailah dengan menjalankan rol secara teratur dari atas kebawah. Lakukan secukupnya hingga seluruh permukaan tertutup cat. Kualitas cat akan terlihat saat mulai menjalankan rol cat. Jika kualitas cat baik, baru dua atau tiga kali rol dijalankan atas dan bawah, lapisan dinding akan segera tertutup. Hal ini berbeda dengan cat dengan kualitas lebih rendah, perlu tenaga dan waktu ekstra agar mendapatkan hasil yang sama.

Lakukan pengecatan secara sabar dan teliti agar hasilnya bagus. Setelah selesai, jangan lupa untuk segera membersihkan noda-noda sisa pengecatan supaya tidak macet.

Artikel terinspirasi dari "http://property.okezone.com/read/2014/05/25/472/989859/begini-cara-mengecat-dinding-yang-benar"


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 22.48

0 komentar:

Posting Komentar

CB