Ciri Desain Rumah Minimalis

Posted by Unknown on 15.04

Rumah minimalis, suatu gaya yang saat ini sedang sangat digemari oleh masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Bukan hanya di kota-kota besar, rumah minimalis.Minimalis sendiri hadir sebagai pola atau cara dalam berpikir dan juga salah satu gaya hidup. Gaya hidup ini merupakan hal yang baru dalam bidang arsitektural yaitu bagaimana orang melihat segala sesuatu sekarang menjadi lebih praktis, efisien, modern namun tetap penuh dengan kesederhanaan. Walaupun dilandasi pemikiran serba praktis dan efisien, hadirnya rumah minimalis tetap memberikan nuansa rumah yang justru lebih berkarakter, kokoh, luas, terasa lebih dekat dengan para penghuninya. Inilah yang menjadi ciri khas dan keunggulan rumah minimalis, hadir dengan kesederhanaan namun pada akhirnya memberikan hasil akhir yang lebih unggul, baik dari segi kualitas ,desain, ruang-ruangnya dan bidang-bidang arsitekturnya.

Ciri Desain Rumah Minimalis
Minimalis yang benar-benar minimalis yang sedikit perabot dan furniture mungkin sedikit membosankan oleh karena itu dalam pengaplikasian dan pengembangan desainnya, perlu diserasikan dengan budaya masyarakat Indonesia. Salah satu ciri dari desain rumah minimalis adalah adanya bentuk-bentuk geometris yang menambah kuat rumah minimalis. Biasanya berupa perulangan garis lurus horizontal maupun vertikal. Bentuk geometris tersebut tidak melulu harus kotak, dapat juga menggunakan bentuk lainnya seperti lingkaran, segitiga atau pun berupa platonik geometri. Namun adanya pemaksaan terhadap bentuk-bentuk lain, sementara bentuk yang sesungguhnya adalah kotak malah akan menimbulkan ketidakserasian. 
konsep desain rumah minimalis terbaru
sumber garmbar:rumah-minimalis.org
Ciri desain rumah minimalis lainnya adalah adanya buka-bukaan lebar seperti pada jendela dibuat lebih lebar agar ada view/ pandangan yang lebih lebar dan luas sehingga ruangan akan terlihat semakin luas. Pemasangan kaca transparan lebar pada ruang keluarga yang mengarah ke halaman samping rumah anda yang lapang dan sejuk karena banyak tumbuhan dan rerumputan akan membuat ruang keluarga menjadi semakin nyaman untuk ditempati karena terasa lapang dan sejuk, apalagi dengan pemandangan di pagi hari. Kaca lebar juga bisa ditempatkan pada kamar, adanya kaca transparan yang mengambil sudut pandang keluar akan membuat kamar menjadi terlihat lebih lebar.
desain ruang tamu minimalis
sumber: www.homedsgn.com
Kemudian adanya titik tertentu yang menjadi titik fokus pandangan/ vocal fokus pada sisi rumah minimalis. Seperti untuk taman depan rumah, dapat dijadikan sebagai titik fokus pandangan di depan rumah anda. Atau bisa juga adanya satu tanaman besar yang menjadi vocal fokus pada rumah. Ciri terakhir adalah bentuk atap datar atau bisa hampir datar. 
Dalam pembangunan rumah minimalis, diperlukan perhitungan yang mendetail dalam hal perencanaan bahan dan material yang akan digunakan. Desain dan perhitungan struktur secara detail, dengan begitu dapat dilakukan penghematan pemakaian bahan baku dan hasilnya pun akan tetap optimal. Untuk mempertegas bidang ekspos pada rumah minimalis,banyak digunakan warna-warna soft seperti merah, orange, kuning, putih. Warna-warna tersebut akan menampakan bidang-bidang detail pada rumah minimalis.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.04

0 komentar:

Posting Komentar

CB