Model Desain Atap Rumah Minimalis Modern Paling Menarik

Posted by Unknown on 15.01

Sejak rumah minimalis mulai menjadi trend, berbagai bentuk dan tampilan model desain atap rumah minimalis bermunculan. Atap rumah merupakan bagian vital dari sebuah rumah karena tanpa atap rumah siap-siap saja bagi penghuninya tidak nyaman di dalam rumah sebab terkena hujan dan kedinginan di dalam rumah. Atap rumah akan melindungi penghuni rumah dari hujan, panas sinar matahari secara langsung yang membahayakan kulit. Secara tidak langsung atap rumah melindungi para penghuni untuk melakukan aktivitas tanpa ada gangguan dari luar rumah. Pilihan bahan atap rumah juga bermacam-macam, mulai dari awal manusia mengenal rumah mengambil bahan atap rumah dari alam seperti daun rumbia, tembikar, daun kelapa dan ijuk serta atap sirap. Bahan-bahan alam tersebut hingga saat ini pun masih banyak ditemui baik untuk rumah hingga restoran. Bahan atap lain sebagai hasil kreatifitas dan inovasi manusia seperti genteng, baik genteng tanah liat/ genteng cor/ genteng aspal, atap pvc (sering digunakan untuk kanopi), asbes, seng/logam bergelombang, dan atap beton bertulang (biasanya untuk gedung bertingkat).

Atap rumah selain berfungsi sebagai pelindung bagi penghuni rumah, juga berfungsi untuk menambah nilai estetika rumah itu sendiri. Bentuk atap rumah akan mengikuti adat kebiasaan masyarakat dan budaya yang ada di masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu munculnya trend desain rumah minimalis, menjadikan bentuk atap pun mengalami perubahan dan inovasi. Atap rumah yang banyak ditemui diwilayah Indonesia adalah bentuk limasan. Bentuk atap rumah minimalis sebagai model atap rumah modern seperti model desain atap pelana, atap datar, atap sandar dan atap perisai. Pemilihan jenis atap yang sesuai dengan rumah minimalis tidak ada aturan yang baku. Pemilihan model atap disesuaikan dengan desain rumah dan selera masing-masing. Disamping itu harus diperhatikan antara penulangan atap dengan bahan untuk atap. Genteng cor memiliki ukuran yang lebih lebar dibanding dengan genteng yang lain, namun dari segi beratnya genteng cor jauh lebih berat dari yang lain, oleh karenanya atap harus dengan tulangan yang lebih kuat. Begitupun untuk bahan atap yang lain harus memperhatikan paling tidak ukuran dan beratnya sehingga tulangan sebagai penyangganya tetap kuat menahan beban atap.
desain atap rumah minimalis modern

desain atap rumah minimalis modern 1

desain atap rumah minimalis modern 2

desain atap rumah minimalis modern 4

desain atap rumah minimalis modern 5
Hal yang paling sering membuat orang kesal adalah adanya kebocoran di atas. Bocor, walaupun kecil akan tetap mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Supaya bisa meminimalisir kebocoran saat atap sudah selesai dipasang yaitu dengan memperhatikan kemiringan atap jangan melebihi 30 derajat. Disamping itu juga harus hati-hati saat pemasangan atap. Pilihlah bahan yang baik dan kuat supaya tahan terhadap berbagai benturan terpaan dari berbagai macam kondisi.

Sekian dahulu artikel mengenai model desain atap rumah minimalis modern yang dapat kami sampaikan dan tips supaya atap rumah tidak mudah bocor. Semoga bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 15.01

0 komentar:

Posting Komentar

CB