Karakteristik Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Posted by Unknown on 12.11

Desain rumah minimalis 1 lantai sedang ramai digemari saat ini baik oleh para penggiat properti dan para pembeli yang membutuhkan tempat tinggal. Rumah minimalis macam ini sangat populer karena langkanya lahan untuk pembangunan rumah dan rumah semacam ini merupakan solusi yang tepat untuk kelangkaan lahan rumah. Rumah minimalis 1 lantai biasanya disediakan oleh banyak peumahan yang biasa kita temui di sekitar kita dan rumah semacam ini biasanya disediakan sebanyak beberapa blok dengan jarak yang berdekatan. Biasanya rumah minimalis yang disediakan untuk perumahan – perumahan yang banyak disediakan oleh para pemilik perumahan terjual habis dalam waktu yang singkat karena tingginya kebutuhan rumah yang semakin meningkat.

Ciri-Ciri Desain Rumah Minimalis 1 Lantai
Untuk dapat memilih rumah minimalis yang tepat dan nyaman untuk ditinggali kita harus mengetahui tentang ciri dan karakter rumah minimalis itu sendiri. Desain rumah minimalis 1 lantai umumnya berukuran tidak terlalu besar, atau banyak disebut rumah kecil. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang – orang yang tidak tertarik dengan rumah minimalis adalah apakah dengan ukuran yang kecil dan sempit, rumah minimalis bisa ditinggali dengan nyaman. Jawabannya adalah bisa! Rumah minimalis walaupun hanya memiliki luas yang tidak seberapa, tetapi kenyamanan tinggal para penghuninya juga diutamakan. Kenyamanan tinggal termasuk salah satu tujuan dari rumah minimalis itu sendiri.

Desain rumah minimalis 1 lantai umumnya mempunyai jendela yang lebar dan besar di setiap sisi rumah kecuali di sisi belakang. Jendela yang lebar dan besar berfungsi sebagai semacam ilusi optik yang membuat rumah minimalis terlihat lebih besar dan luas dari luar. Jendela yang lebar dan besar juga mempunyai pengaruh kepada keadaan dalam rumah. Jendela yang lebar dan besar memungkinkan sinar matahari untuk menyinari bagian – bagian dalam rumah dengan maksimal dan dengan pencahayaan yang optimal rumah yang sebenarnya kecil dan sempit bisa terlihat lega dan lenggang. Dengan begini rumah yang kecil bisa dengan nyaman ditinggali meskipun ukuran yang tidak begitu luas.

Desain rumah minimalis 1 lantai juga umumnya mempunyai bentuk yang tidak terlalu rumit. Umumnya rumah minimalis memiliki bentuk yang hampir kotak karena kebanyakan geometris yang dipakai oleh rumah minimalis adalah garis lurus. Rumah minimalis umumnya didominasi oleh penampilan garis – garis lurus baik horizontal ataupun vertikal yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk bangun dasar rumah tersebut. Rumah minimalis dengan geomerti daris diagonal agak jarang ditemui. Itu sebabnya jarang kita temui rumah minimalis dengan atap yang miring karena jarang yang memakai geometri diagonal. Atap rumah minimalis umumnya dibuat dengan hampir datar dan agak mengerucut di tengah. Kontrapsi semacam ini dibutuhkan untuk melancarkan aliran air hujan yang tertampung di atap yang agak datar. Juka datar sekali maka kemungkinan besar air akan menggenang dan merusak atap rumah.

Desain rumah minimalis 1 lantai memiliki interior yang sederhana dan tidak terlalu luas. Rumah minimalis biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tengah yang biasanya juga merangkap sebagai ruang tamu, 1 ruang tamu jika ada, 1 dapur, dan satu kamar mandi. Tidak ada ruang makan di desain rumah minimalis karena memang di dalam budaya modern saat ini banyak diantara peminat rumah minimalis tidak sempat makan di rumah setiap saat. Maka dari itu ruang makan tidak dimasukkan dalam daftar wajib ada di denah rumah minimalis.

Rumah minimalis model satu lantai juga tidak memiliki beberapa kelengkapan tersier dari rumah – rumah pada umumnya disamping tidak memiliki ruang makan. Rumah minimalis tidak memiliki pekarangan depan dan garasi. Kalaupun ada, taman dan garasi tersebut tidaklah terlalu luas. Tamannya cenderung sempit dan garasinya biasanya tidak tertutup oleh tembok. Pagar juga merupakan salah satu kelengkapan yang umumnya tidak dimiliki rumah minimalis karena lahan yang sempit dan jarak antar rumah yang berdekatan. Dengan mengetahui hal – hal tentang desain rumah minimalis 1 lantai ini, kita bisa memilih rumah yang tepat dan pas untuk kita.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12.11

0 komentar:

Posting Komentar

CB