Beberapa hal Mengenai Desain Rumah Minimalis Sederhana

Posted by Unknown on 07.27

Desain rumah minimalis sederhana sedang ramai diminati saat ini baik oleh para investor dan penggiat properti dan para pembeli rumah karena langkanya lahan untuk pembangunan rumah saat ini. Memilih rumah minimalis tidaklah sulit, tetapi tidak boleh diremehkan juga karena bila salah memilih bisa menjadi masalah tersendiri di kemudian hari. Definisi rumah minimalis sering kali disalahartikan dengan rumah kecil, padahal definisi sebenarnya dari rumah minimalis adalah rumah yang memiliki eksterior dan interior yang tidak terlalu rumit yang mengutamakna kenyamanan penghuni walaupun tinggal di lahan yang tidak terlalu besar. Konotasi rumah kecil kurang tepat bila disandingkan dengan konsep rumah minimalis karena kebanyakan orang mengartikan rumah kecil dengan ketidaknyamanan.  
Ciri-Ciri Desain Rumah Minimalis Sederhana
Untuk bisa memilik desain rumah minimalis sederhana yang sesuai dengan selera dan kenyamanan kita, pertama–tama kita harus tahu ciri–ciri dan rupa rumah minimalis itu sendiri. Rumah minimalis umumnya memiliki bentuk dan geometris yang tegas, atau dengan kata lain, rumah minimalis umumnya menggunakan bentuk garis yang mendominasi penampilan rumah tersebut. Garis vertikal dan horizontal mendominasi sisi–sisi rumah, terutama bagian depan, dan garis–garis tersebut sering diulang sehingga rumah minimalis sering kali disebut rumah kotak. Desain garis lurus tidaklah mutlak untuk rumah minimalis. Ada beberapa rumah minimalis yang memiliki desain lengkungan daripada menggunakan desain garis. Desain ini tidaklah umum dan banyak yang menilai kekuatan bangunannya tidak sekuat rumah minimalis dengan desain garis.
bentuk geometris desain rumah minimalis sederhana
Contoh Bentuk Geometris di Rumah Minimalis Sederhana
Selain itu, desain rumah minimalis sederhana juga umumnya memberikan kesan luas yang dapat dilihat dari luar rumah dan dalam rumah. Dari luar rumah, rumah minimalis terkesan luas walaupun sebenarnya dibangun di lahan yang tidak terlalu luas. Kesan luas pada rumah minimalis disebabkan oleh penggunaan jendela–jendela yang melebar sehingga dari luar terkesan rumah minimalis tersebut sangat luas. Dari dalam rumah, para penghuninya juga bisa merasakan kesan luas dari rumah minimalis tersebut karena dengan penggunaan jendela-jendela yang melebar, seluruh ruangan dari rumah minimalis terkena sinar matahari. Selain kesan luas, penghuni juga dapat merasakan kesan terang dan nyaman karena sinar matahari yang cukup.

Desain rumah minimalis sederhana juga mempunyai ciri-ciri khas pada interiornya. Rumah minimalis umumnya mempunyai interior dengan ornamen sederhana atau tidak memiliki ornamen sama sekali. Kalaupun ada ornamennya, ornamennya tetap dibuat seminimal mungkin. Biasanya ornamen yang dibuat tidak berupa ukiran, melainkan beberapa bentuk garis lurus di beberapa bagian tertentu dinding rumah seperti ruang tamu. Rumah minimalis juga tidak mempunyai banyak sekat di dalam rumah kecuali pada ruang tamu dan kamar yang harus bersekat tembok. Ruangan-ruangan yang tidak bersekat umumnya adalah ruangan yang bisa dipakai bersama-sama dalam waktu bersamaan yaitu ruang tengah, ruang makan dan dapur. Dengan tidak adanya sekat di antara ruangan-ruangan tersebut, kesan luas dapat sangat terasa.

Ciri-ciri selanjutnya dari rumah minimalis sederhana adalah penghias rumah yang serba mini. Penghias eksterior rumah seperti taman bunga, kolam ikan, dan lampu taman dibuat serba mini dengan memanfaatkan lahan yang ada. Beberapa dekorasi ini merupakan hal opsional yang tidak harus ada dalam daftar keharusan dari rumah minimalis. Tetapi beberapa peminat rupanya mempunyai patokan tersendiri dan sebenarnya penghias eksterior rumah bukanlah ide yang buruk selama lahannya tersedia. Contoh dari dekorasi eksterior mini adalah dengan menempatkan taman bunga mengelilingi rumah yang bisa menggantikan pagar. Lalu kolam ikan kecil di bagian sisi depan rumah kira-kira berukuran 2 kali setengah meter. Garasi dari rumah minimalis juga tidak terlalu besar atau bahkan tidak ada garasinya. Sebagai ganti garasi, kita bsa menggunakan pekarangan kecil di depan ruman sebagai tempat kendaraan di desain rumah minimalis sederhana.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 07.27

0 komentar:

Posting Komentar

CB