Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Posted by Unknown on 06.22

Desain Ruang Tamu Minimalis Modern-Ruang tamu jika diibaratkan bagian tubuh manusia mungkin lebih cocok seperti halnya badan. Karena pada bagian ini, tampilan rumah yang sebenarnya akan terlihat. Saking pentingnya ruang tamu, bahkan sampai ada yang menyamakan dengan kepribadian pemiliknya. Saat seseorang berkunjung ke rumah anda, ruang yang akan pertama dimasuki dan dilihat pasti ruang tamu bukan kamar atau dapur. Ruang tamu yang nyaman dan menyenangkan pasti akan membuat setiap orang yang berkunjung ke rumah anda menjadi betah dan berkesan. Ruang tamu dibuat untuk menghormati tamu yang datang baik itu anggota keluarga, keluarga jauh, keluarga dekat, teman sejawat, teman kantor, teman arisan, teman ngobrol dan lainnya. Ruang selain difungsikan untuk menerima tamu, ada juga yang memfungsikannya sebagai ruang keluarga. Pada sebuah rumah minimalis dengan ukuran yang minimalis karena terbatasnya lahan yang ada, maka menjadikan sebuah ruangan memiliki fungsi ganda sepertinya memang wajar dilakukan, asalkan tidak mengubah estetika dan nilai serta suasana saat ruang tersebut menjalankan tugas fungsinya.

Komponen Interior Ruang Tamu
Ketika merancang dan membangun sebuah ruang tamu, anda harus memperhatikan interior yang akan dipasang di dalam ruang tamu baik dari segi bentuk, motif, bahan-bahan yang akan digunakan, aksesoris, warna cat, furniture, warna furniture, desain lampunya, dan lain-lain. Semua hal tadi saling mempengaruhi satu sama lain. Misalkan untuk furniture apakah akan menggunakan sofa atau kursi kayu. Jika menggunakan sofa maka sofa seperti apa bentuknya, kemudian warnanya apa. Hal ini perlu sekali dilakukan agar tetap tercipta keserasian di dalam ruang tamu. Oleh karena itu sebelum merancang ruang tamu, tentukan terlebih dahulu tema ruang tamu seperti apa yang anda inginkan apakah mewah, sederhana, natural. Berikut beberapa komponen penting yang ideal pada ruang tamu

- Sofa
Di Indonesia adanya tempat duduk dalam sebuah ruang tamu sepertinya memang menjadi hal yang wajib ada karena memang sudah menjadi budaya dan kebiasaan bangsa Indonesia. Seringkali mendengar obrolan orang pada sebuah rumah belum lengkap rasanya jika ruang tamu belum dilengkapi dengan tempat duduk. Pada zaman dahulu mungkin tempat duduk cukup dengan kursi kayu biasa dengan desain yang sangat sederhana karena fungsinya hanya untuk duduk. Namun pada desain rumah minimalis modern, belumlah cukup jika hanya menggunakan kursi biasanya. Sofa merupakan sebuah inovasi dalam hal tempat duduk. Desain yang menarik dan rasa yang nyaman ketika duduk di sofa inilah menjadi salah satu alasan untuk lebih memilih sofa dibanding dengan kursi kayu. Adanya sofa diruang tamu juga membuat ruang tamu menjadi multifungsi. Selain untuk menambah keindahan dan kemanisan ruang tamu anda, sofa juga biasa digunakan untuk tempat bersantai seluruh anggota keluarga.

Ketika membeli sofa sebaiknya anda cek terlebih dahulu kondisi sofa ditoko, apakah bahannya bagus, halus dan berkualitas, awet dan tidak ada jahitan yang lepas. Cek juga apakah kelenturan sofanya, empuk, tidak sakit saat diduduki, tidak keras, tidak berbau. Pilihlah sofa dari kayu berkualitas, karena tidak jarang sofa yang terbuat dari kayu seadanya sehingga tidak berapa lama sofa cepat rusak. Berbagai pilihan model dan warna sofa juga perlu anda pertimbangkan. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi rumah anda. Karena tidak semua model sofa cocok untuk seluruh karakter rumah. Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu modelnya di internet kemudian carilah yang sesuai dengan tema ruang tamu anda. Ada beberapa model sofa yang bisa anda pilih seperti model L dan I.

Selain model, bentuk, bahan, jahitan, kenyamanan, hal lain yang harus diperhatikan dari sebuah sofa untuk ruang tamu minimalis anda adalah warnanya. Warna akan mampu memberikan suasana yang berbeda pada sebuah ruangan. Selain itu, warna juga dapat mendramatisir sebuah ruangan yaitu membuat membuat ruangan menjadi lebih luas atau lebih lebar. Pilihlah sofa yang dapat menciptakan suasana itu.


- Meja
Adanya meja diruang tamu bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk meletakan makanan dan minuman saat ada tamu dirumah anda. Meja juga sebagai satu sarana untuk mempercantik sekaligus memperindah kesan yang timbul dari ruang tamu minimalis anda. Pilihlah meja yang serasi dengan desain dan warna sofa. Selain itu, ada beberapa pilihan model yang bisa anda tentukan untuk menemani sofa anda,

- Hiasan Dinding
Beberapa aksesoris dapat anda gunakan untuk menambah keindahan dan keserasian di dalam ruang tamu minimalis anda. Aksesoris tersebut seperti dengan memasang lukisan dan gambar. Lukisan dan gambar pun bermacam-macam bisa berupa foto keluarga, foto alam, lukisan, gambar kain tenun. Agar hasilnya baik dan indah, ketika menentukan hiasan dinding untuk ruang tamu minimalis anda sebaiknya pilih hiasan yang warna dan coraknya selaras dan serasi dengan dinding ruangan. Pilih warna dominan baik pada lukisan, foto atau gambar yang sesuai dengan warna dinding. Namun perlu dihindari warna yang membuat ruang tamu anda menjadi terlihat terlalu ramai karena warna yang beraneka ragam. Memasang foto keluarga dekat anda juga bisa difungsikan untuk memperkenalkan siapa saja anggota keluarga anda secara tidak langsung kepada tamu anda. Atau bisa juga untuk mengingatkan kepada anggota keluarga tentang memori indah yang pernah dilalui bersama keluarga. Bisa juga memasang gambar tempat tertentu yang menjadi tujuan spiritual.

- Lampu Ruangan
Desain ruang tamu minimalis akan memaksimalkan segala sesuatu yang ada didalam ruang minimalis sebagai sumber inspirasi dan keindahan ruangan. Bukan hanya furniture maupun hiasan saja yang bisa berfungsi seperti itu. Lampu yang dahulunya hanya berfungsi sebagai penerang ruangan, saat ini telah bertambah fungsinya menjadi sarana untuk memperindah ruangan. Dari bentuknya saja sudah banyak mengalami penyesuaian. Warna lampupun juga begitu, bukan putih atau kuning saja, tapi bisa menyesuaikan dengan selera pengguna. Dengan ditambahkan rumah pada lampu yang menawarkan bermacam model dan hiasan yang ada dirumah lampu makin menambah cantik dan manis saja ruang tamu anda.

ruang tamu minimalis sofa dan kursi campur
Untuk mendesain ruang tamu rumah minimalis perlu memperhatikan besarnya ruangan dan barang-barang yang akan diletakan. Seperti gambar ruang tamu minimalis diatas, terlihat kaca besar dibelakangnya, ini berfungsi agar ruang tamu terlihat luas dengan pemandangan taman/ alam diluarnya. Pemilihan warna baik lantai, kursi, sofa dan dinding serta atap juga perlu memperhatikan kombinasinya. Warna-warna yang lembut bukan warna yang mencolok seperti krem, biru muda, hijau muda, atau putih.
Bisa juga seperti gambar di atas, dibuatkan walpaper besar pada dinding yang seolah-olah itu adalah ruangan yang lain. Sama fungsinya dengan kaca besar diatas, untuk menambah kesan luasnya ruang tamu. Walaupun hanya sedikit saja furniture yang digunakan pada ruang tamu minimalis anda, namun justru semakin menambah kesan modern pada ruang tamu anda.
desain interior ruang tamu minimalis modern 3
Beberapa barang juga bisa ditambahkan untuk menambah keindahan ruang tamu minimalis seperti pot bunga dan lampu hias.
desain interior ruang tamu minimalis modern 4
Demikian ulasan kami mengenai Desain Ruang Tamu Minimalis Modern. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan inspirasi anda dalam merencanakan, mendesain dan menciptakan ruang tamu minimalis pilihan anda.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 06.22

0 komentar:

Posting Komentar

CB