Desain Dapur Minimalis dan Modern Pasti Ciamik

Posted by Unknown on 16.34

Rumah minimalis memang saat ini sedang digandrungi masyarakat, bentuk yang imut namun tetap memberikan nuansa lapang. Dahulu dapur adalah bagian utama dari suatu rumah, sehingga ketika membuat sebuah rumah tidak lengkap rasanya kalau belum ditambahkan dengan dapur. Berangsur-angsur kesini, ada pergeseran fungsi dapur rumah yang dulunya menjadi sangat penting sekarang mungkin hanya sebagai pelengkap saja. Dari wikipedia, secara harfiah dapur dapat dikatakan sebagai tempat yang biasanya berada di dalam rumah dimana orang melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan (memasak).

Dapur tempat menyimpan dan mempersiapkan
Selain itu dapur juga difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan. Berbagai bahan makanan akan disimpan di lemari es yang diletakan di dapur. Tidak etis rasanya jika lemari es diletakan di ruang keluarga apalagi di ruang tamu. Paling pas memang lemari es diletakan di dapur, sehingga ketika memasak akan dengan mudah mengambil bahan-bahan untuk memasak. Selain itu bumbu-bumbu juga perlu diletakan di tempat khusus menyimpan bumbu supaya dapur tetap terlihat bersih, tidak kotor dan ketika akan memasak bumbu dapat ditemukan dengan mudah. Untuk mempersiapkan bahan yang akan dimasak juga layaknya dilakukan di dapur seperti memotong dan mengiris bahan masakan, menggerus bumbu. Karena kalau proses persiapan dilakukan ditempat lain, dikhawatirkan akan mengotori ruangan yang lain di rumah. Disamping itu, terlalu ribet jika harus geser kesana kemari bahan dan bumbu yang akan dimasak.

Dapur tempat untuk bersantai
Pada zaman modern seperti sekarang sebuah dapur dengan desain minimalis dan modern punya lebih dari sekedar sebagai tempat untuk memasak. Dapur juga menjadi tempat untuk berbagi dan bersantai bersama keluarga. Kalau dulu mungkin hanya kaum perempuan saja yang berada di dapur, sementara para lelaki bekerja. Atau saat hari libur para Ibu sibuk menyiapkan makanan untuk suami dan anak mereka. Sementara para lelaki bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Namun sekarang ketika di dapur tidak begitu dipermasalahkan peruntukannya, dapur bisa digunakan oleh semua anggota keluarga. Ketika sedang tidak sibuk bekerja, para lelaki pun bisa bersama-sama dengan Ibu dan anak-anak membuat kegiatan memasak bersama di dapur. Jadi bukan hanya masakannya saja yang jadi, suasana akrab antar sesama anggota keluarga pun pasti akan tercipta dengan sendirinya. Komunikasi yang akrab antar anggota keluarga dapat terjalin di dapur.

Syarat Sebuah Dapur 

Dengan memperhatikan berbagai fungsi dapur di atas, tampaknya di era modern seperti sekarang memang perlu mempertimbangkan fungsi dapur sebagai tempat memasak, mempersiapkan, menyimpan dan sekaligus sebagai tempat untuk berekreasi keluarga. Sehingga persyaratan sebuah dapur paling tidak dapat mengakomodir semua kebutuhan penghuni rumah. Dari segi kesehatan dan keamanan penting juga sebagai salah satu syarat penting dari sebuah dapur. Karena dapur sebagai tempat asal api dan api memiliki sifat membakar sehingga sangat penting ditambahkan aspek dan peralatan keamanan tambahan di dapur seperti dengan menyediakan pasir dan ember atau jika perlu dengan menempelkan tabung pemadam api. Dari segi kesehatan juga perlu juga perlu diperhatikan. Asap yang keluar dari alat masak dan makanan bisa sangat mengganggu pernafasan jika sirkulasi udara didapur tidak baik. Agar asap dapat dengan mudah keluar, perlu disediakan jendela ataupun keluaran/ exhaust untuk tempat pergantian udara. Pencahayaan alami akan membuat dapur menjadi lebih sehat karena beberapa jenis jamur dan kuman akan mati jika terkena cahaya matahari langsung.

Desain Dapur Minimalis
Setelah mengetahui berbagai uraian di atas, sudah seharusnya diciptakan desain dapur yang baik di setiap rumah. Begitupun dengan rumah minimalis perlu desain dapur yang mumpuni dan modern agar terlihat bagus dan ciamik. Dapur difungsikan sebagai tempat untuk memasak, namun walaupun begitu pemberian sentuhan pada saat mendesain dan menata interior perlu kreatifitas yang tinggi, apalagi untuk model dapur minimalis. Beberapa hal perlu diperhatikan adalah penggunaan furniture yang lebih simpel dan bisa memanfaat ruang vertikal seperti kitchen set yang dapat menampung peralatan masak ataupun bumbu-bumbu dapur. Dalam mendesain dapur sebaiknya perlu memperhitungkan ukuran rumah yang anda miliki. Ukuran dapur harus seproposional mungkin dengan ukuran rumah. Disamping itu perlu juga mempertimbangkan penting tidaknya sebuah dapur di rumah anda, seberapa sering anda akan berinteraksi dengan dapur. Untuk mereka yang sibuk bekerja mungkin akan jarang sekali berinteraksi dengan dapur, sehingga desain dapur juga harus menyesuaikan dengan aktivitas penghuninya. Banyaknya peralatan masak yang akan ada di dapur juga perlu dipertimbangkan. Berapa banyak peralatan masak, baik itu kompor, panci, wajan, oven, lemari es yang ada dirumah anda apakah akan disimpan diluar atau akan dibuatkan tempat khusus untuk menyimpannya. Kemudian untuk ruang makan, apakah perlu digabung dengan dapur atau terpisah dengan dapur. Berikut beberapa ukuran dapur standar yang biasanya dibangun:

- dapur luas
Dengan ukuran 5 x 5 m2 merupakan ukuran yang cukup luas untuk sebuah dapur. Dapur dengan ukuran seperti ini bisa sekaligus untuk ruang makan. Disamping itu, anda tidak perlu khawatir jika memiliki banyak peralatan memasak, ukurannya yang luas membuat anda leluasa untuk menampung peralatan masak ditempat yang anda inginkan. Pada dapur ini biasanya berupa dapur basah dan dapur kering. Bagi yang belum tahu dapur kering adalah dapur yang digunakan untuk menyiapkan makanan dan minuman yang sifatnya instan seperti buah dan susu. Kalau dapur basah digunakan untuk memasak masakan yang prosesnya panjang seperti daging dan sayuran.


- dapur sedang
 Dengan ukuran 3 x 3 m2 mungkin hanya memuat dapur basah saja atau merupakan gabungan dapur basah dan kering. Dapur dengan ukuran seperti ini juga masih bisa menyediakan tempat untuk ruang makan.

- dapur kecil
Ukuran dapur kecil kurang dari 3 x 3 m2 yang berisi hanya dapur basah saja dan tidak memungkinkan untuk disediakan ruang makan.

desain dapur minimalis dan modern
Disamping itu, pemilihan warna juga mutlak dilakukan agar tercipta kombinasi yang rapi, pas dan menarik. Warna-warna yang cerah dan soft akan memberikan kesan lapang dan luas didapur anda. Penggunaan kaca tembus pandang yang menyatu dengan bagian lain rumah seperti halaman belakang rumah atau bagian lain rumah juga dapat membuat dapur anda makin terlihat lapang.
desain dapur minimalis dan modern paduan hitam putih
Namun anda tidak boleh lupa untuk menyediakan ruang/ tempat khusus sebagai saluran pergantian udara/ ventilasi agar dapur tidak pengap oleh asap masakan maupun dari peralatan masak lainnya.
desain dapur minimalis dan modern ruang makan gabung dapur
Saat ini sudah menjadi hal yang wajar jika ruang makan menyatu dengan dapur. Hal ini malah akan memudahkan bagi penghuni rumah untuk mengambil dan menyimpan makanan dan akan membuat dapur terasa lebih lebar. Namun dalam penyediaanya harus memperhatikan ukuran dapur terlebih dahulu.
desain dapur minimalis dan modern kitchen set keren
Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai desain dapur minimalis dan modern. Selamat mencoba dan merasakan dapur yang nyaman dan bisa menjadi tempat rekreasi bersama keluarga anda.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 16.34

0 komentar:

Posting Komentar

CB