Desain Kitchen Set Minimalis Modern Terkini

Posted by Unknown on 08.22

Desain Kitchen Set Minimalis Modern Terkini - Memasak identik sekali dengan rasa makanan yang lezat, aroma yang mengundang selera dan sajian makanan yang cantik sehingga membuat lidah ingin segera mencipipi. Makanan yang berkualitas dan enak lahir juga dari dapur yang bersih, rapi dan indah. Dapur merupakan tempat dimana awal sebuah keluarga melakukan aktivitas sehari-hari. Selain memasak, membersihkan peralatan memasak maupun makanan seperti piring, sendok, mangkuk juga dilakukan di dapur. Memiliki sebuah dapur minimalis mungkin membuat sebagian orang merasa kesulitan dalam memasak. Ketika mengolah bumbu juga harus dilakukan di tempat yang lain karena di dapur tidak mungkin untuk mengiris dan memotong bahan untuk memasak. Kitchen set adalah salah satu solusi mengatasi dapur dengan ukuran mungil. Karena itu pada artikel ini kami akan membahas mengenai Desain Kitchen Set Minimalis Modern Terkini. Sehingga tidak ada lagi masalah ketika harus membersihkan peralatan bekas memasak maupun sisa makan seluruh anggota keluarga.

Menentukan Ukuran Dapur
Untuk ukuran dapur minimalis tentu harus menyesuaikan dengan kondisi di rumah anda juga, karena tidak mungkin mengalokasikan ukuran yang lebih luas untuk dapur, sementara pada ruang yang lain harus dipersempit. Ukuran dapur memang harus proporsional dengan ukuran rumah dan bagian-bagian lain dirumah. Desain rumah modern seperti sekarang membuat fungsi dapur berubah dari yang dahulu dapur memiliki fungsi yang sangat maksimal. Sementara saat ini dapur tidak lagi menjadi sumber aktivitas sehari-hari sebuah rumah. Malah ada yang hanya digunakan pada akhir pekan saja saat semua anggota keluarga berkumpul dirumah dan acara memasak bersama keluarga menjadi salah satu liburan di akhir pekan walaupun hanya berada di dapur.

Dalam menentukan ukuran dapur sebaiknya anda mempertimbangkan intensitas aktivtitas didapur dibanding dengan aktivitas di ruang yang lain di rumah. Jika memang aktivitas di dapur masih tergolong tinggi memang seharusnya dapur tetap diberikan prioritas dalam pembangunan sebuah rumah. Namun jika sebaliknya, lebih baik alokasikan lahan yang ada untuk bagian-bagian lain di rumah. Paling tidak dalam dapur anda terdapat perlengkapan standar dapur yang harus ada sehingga beberapa aktivitas memasak, mengiris, memotong, membuat bumbu dan membersihkan peralatan tetap bisa dilakukan di dapur. Oleh karenanya Sediakan space/ ruang untuk memotong, mengiris dan membuat bumbu, tempat untuk menaruh kompor, westafel untuk membersihkan peralatan. Anda bisa membeli westafel yang sudah satu paket dengan tempat untuk memotong bahan-bahan untuk memasak tadi.

Kitchen Set Sebuah Dapur Minimalis
Hal penting lain yang harus ada di dapur adalah adanya kitchen set. Kitchen set sangat penting dalam sebuah dapur minimalis agar tetap terlihat indah, rapi dan tertata bersih. Fungsi kitchen set seperti untuk menyimpan peralatan memasak, bumbu dapur, melindungi peralatan memasak dan makan agar tetap bersih setelah dicuci. Beberapa penyakit timbul karena peralatan masak atau makan kotor disebabkan oleh binatang yang kita tidak menyadari itu seperti tikus dan kocoa, adanya kitchen set bisa melindungi gangguan dari binatang tadi. Selain itu, kitchen set juga berfungsi untuk menampilkan keindahan dan kesempurnaan serta dapat memadukan antara fungsi barang dengan estetika. Kesan berbeda akan anda dapatkan sebelum menggunakan kitchen set dan setelah menggunakan kitchen set. Tanpa adanya kitchen set, peralatan dapur begitu saja diletakan di dapur dan ditempel disana sini paku, sehingga terkesan tidak rapi dan kotor. Penambahan kitchen set di dapur akan merubah pandangan itu, dapur menjadi lebih rapi dan bersih sehingga orang akan nyaman untuk berlama-lama di dapur.

Tips Memilih Kitchen Set Minimalis
Memasang kitchen set pada sebuah rumah dengan desain minimalis tentu saja berbeda dengan rumah biasa. Rumah minimalis identik dengan hal simpel namun tetap memberikan fungsi yang komplit.
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apa fungsi dapur anda? Menentukan fungsi dapur ini penting karena akan menentukan model kitchen yang akan anda pilih. Seberapa sering aktivitas anda berada di dapur. Sering atau tidak memasak tentu berbeda desain dan model kitchen setnya. Jumlah peralatan yang digunakan juga turut andil dalam menentukan kitchen set. Banyak atau tidak peralatan yang digunakan untuk memasak. Jika banyak, tentu memerlukan kitchen set dengan kapasitas yang banyak pula. Selain itu, apakah dapur anda juga digunakan hanya untuk memasak dan membersihkan atau ada aktivitas seperti makan juga disitu. Kalau makan didapur juga, berapa banyak anggota keluarga anda. 
  2. Kedua, pemilihan desain kitchen set. Saat ini ada bermacam-macam desain atau model kitchen seperti berbentuk lurus/ single line, doble line,  L/ L shaped kitchen set, U-Shaped Kicthen Set, G Shaped Kitchen Set dan Island Shaped kitchen Set. Disamping bentuknya, anda juga bisa memperhatikan pada kelengkapannya seperti model pegangan, ada kaca atau tidak, dan lain-lain.  Karena bermacam-macam model dan desainnya, pemilihan kitchen harus disesuaikan selera anda dan keluarga.
  3. Warna kitchen set juga bermacam-macam. Cara pewarnaan kitchen juga berbeda-beda ada yang dicat, pelitur, ditempel dan lain-lain. Pilihlah warna yang serasi dengan warna dapur minimalis anda.
  4. Ketiga, pemilihan bahan material kitchen juga harus diperhatikan apakah dari kayu, tripleks, multipleks, plywood, plastik. Setiap bahan punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan bahan material juga menentukan harga kitchen set itu sendiri, pilihlah yang sesuai dengan fungsi dapur anda.
  5. Keempat, mengenali reputasi produsen kitchen set juga penting sebelum membelinya. Anda bisa memperolehnya dengan bertanya ke saudara atau teman anda yang sudah pernah membeli kitchen set. Mungkin dari situ akan diperoleh informasi kitchen set dari produsen yang baik dan harga terjangakau.
Agar anda dapat mengimajinasikan seperti apa desain dapur minimalis impian anda, berikut kami sajikan beberapa desain gambar dapur minimalis modern lengkap dengan kitchen setnya.
desain kitchen set minimalis
sumber gambar:slodive.com
desain kitchen set minimalist putih
sumber gambar : 4homeinterior.com
desain kitchen set super minimalis
sumber gambar : furniturenesia.com
desain kitchen set minimalis dengan ruang makan
sumber gambar : tomjaks.com
desain desain kitchen set keren
Dalam sebuah rumah minimalis, agar dapur tidak terasa terlalu sempit, desain dapur minimalis dibuat lebih terbuka dan tidak diberi sekat untuk memisahkan dengan ruangan lain. Dapur dibuat terbuka dan menyatu dengan ruang makan sehingga suasana dapur akan terasa lebih longgar. Agar dapur anda lebih sehat dan segar sebaiknya direncanakan dengan matang mengenai udara yang keluar dari asap dapur dan asap makanan. Misalkan dengan menambahkan jendela di dapur minimalis anda sehingga ketika sedang memasak jendela bisa dibuka agar hawa panas dapur dapat segera keluar. Segi keselamatan juga layak diprioritaskan dalam membangun sebuah dapur minimalis. Sebab beberapa kejadian kebakaran timbul berasal dari dapur. Ya memang dapur adalah asal api, sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dapur perlu dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. Cukup sediakan saja ember, pasir dan karung. Disamping keselamatan, kebersihan dan kesehatan juga mutlak diperhatikan dalam sebuah dapur minimalis. Dapur yang bersih akan membuat rumah menjadi sehat begitupun dengan penghuninya akan terjaga kesehatannya. Anda harus menyediakan tong sampah yang tertutup untuk menampung sisa-sisa bahan masakan dan sisa makanan. Namun sesegera anda membuangnya keluar agar tidak membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sekian dahulu artikel kami mengenai Desain Kitchen Set Minimalis Modern Terkini, mudah-mudahan memberikan tambahan wawasan dan inspirasi anda dalam membuat kitchen set di dalam rumah minimalis.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.22

1 komentar:

  1. Saya suka dengan modelnya :)
    Oh ya, saya mau kasih info aja. Barang kali ada yang membutuhkan Kemasan Makanan berkualitas Food Grade. Bisa hubungi kami Greenpack.

    BalasHapus

CB