Tips Kombinasi Warna Eksterior Rumah Minimalis

Posted by Unknown on 22.56

Tips Kombinasi Warna Eksterior Rumah Minimalis-Rumah minimalis saat ini sudah sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat. Tidak heran jika saat ini banyak developer yang membangun perumahan dengan desain rumah minimalis. Berbagai tipe dan model rumah minimalis dibuat kemudian diaplikasikan pada bangunannya. Setelah mendesain rumah minimalis, kadang ada pekerjaan lain yang sepertinya cukup simpel namun ternyata setelah didalami cukup rumit juga. Ya, itu pemilihan warna. Kadang seseorang akan dibuat bingung ketika akan menentukan warna rumah minimalisnya. Apakah akan dibuat seragam atau satu macam warna saja ataupun dengan kombinasi berbagai macam warna. Mungkin jika hanya dengan satu macam warna saja tidak begitu sulit menentukan warna apa yang akan dipilih. Apakah warna terang atau warna tua. Tapi ketika dihadapkan untuk memilih kombinasi dari bermacam warna, bagi orang yang belum paham kombinasi seperti yang serasi, pasti akan lama memutuskannya. Karena salah-salah bukannya perpaduan yang serasi bisa diperoleh, malah hasil yang jelek yang didapatkan, duh jangan sampai ini terjadi deh, bukannya untung malah jadi buntung.

Efek Psikologi Warna
Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa pemilihan warna rumah yang tepat mampu memberikan beberapa efek yang baik bagi penghuninya, mulai dari mampu menstimulasi, menenangkan jiwa, menenteramkan hati, menjernihkan pikiran, hingga menyembuhkan kesehatan fisik dan kesehatan mental penghuni. Mengapa pada suatu tempat tertentu kita merasa lebih nyaman dan tentram, berbeda jika berada ditempat yang lain. Atau ada suatu barang yang ditawarkan kepada kita baik melalui katalog maupun website kemudian kita tertarik. Apakah yang menyebabkan? Jawaban terbanyak adalah karena warnanya. Warna memberikan efek yang sangat signifikan bagi manusia. Begitu juga penerapannya pada sebuah rumah, rumah akan terlihat baik dan indah jika memiliki paduan warna yang tepat dan sesuai dengan keadaan hati yang memandangnya walaupun hati manusia bisa berubah-ubah. Warna pada sebuah desain arsitektur maupun pada suatu objek tertentu memiliki pengaruh yang cukup besar pada reaksi atas pilihan suatu tempat atau objek tersebut sebesar 60 persen. Itulah kenapa warna memiliki efek yang sangat besar bagi psikis seseorang.

Warna-warna tajam seperti merah akan memberikan energi pada siapa yang memandangnya. Ketajaman warna tersebut juga bisa menyemangati bagi hati yang sedang gundah. Beda lagi dengan warna-warna sejuk atau soft seperti biru dan hijau. Warna-warna soft dapat membantu seseorang untuk lebih rileks dan tenang.


Tips Kombinasi Eksterior Warna Rumah 
Supaya rumah terlihat serasi dan indah, bukan hanya desainnya saja yang menjadi pusat perhatian, pemilihan warna juga menjadi hal yang sama pentingnya dengan desain rumah. Pemilihan warna yang pas akan menghasilkan berbagai ilusi positif pada ruangan. Dapat dicontohkan pada warna-warna tertentu bisa menyebabkan rumah seakan bertambah luas atau bahkan sebaliknya bisa menjadi lebih sempit. Selain itu, melalui kombinasi warna cat rumah yang serasi dan tepat, akan membuat tempat tinggal anda menjadi tampak lebih indah tanpa perlu menambahkan berbagai hiasan atau aksesoris. Caranya hanya dengan mempermainkan warna, hal ini paling disarankan bagi rumah dengan ukuran kecil namun ruang yang dibutuhkan banyak, dengan sedikit permainan warna yang tepat dan pengurangan penggunaan hiasan akan memudahkan pemiliknya dalam memenuhi kebutuhan ruang dirumahnya.

Untuk anda yang akan melakukan memadukan warna dalam rangka mendapatkan tampilan menarik dan indah pada eksterior rumah anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Warna Interior Rumah
Agar terjadi padu padan antara bagian eksterior dan interior rumah, anda perlu mempertimbangkan dahulu warna yang digunakan pada bagian interior rumah anda sebelum membeli cat untuk mengecat bagian luar rumah anda. Misalkan pada bagian interior berwarna krem maka pada bagian depan rumah sebaiknya tidak memilih warna abu-abu atau warna-warna dingin. Namun jika interior rumah menggunakan warna hangat, untuk warna eksterior sebaiknya gunakan warna-warna netral seperti krem.

2. Warna Genteng
Keserasian rumah juga akan terlihat pada warna genteng dengan warna fasade atau warna bagian depan rumah.

3. Gunakan Warna Yang Wajar
Warna yang berlebih akan menyebabkan rumah terkesan norak dan menjadi tidak menarik. Gunakan warna yang wajar sesuai dengan selera penghuninya. Hindari penggunaan warna yang terlalu terang maupun terlalu gelap. Saat ini sedang ngetren penggunaan warna bumi pada tampak bangunan rumah. Kusen jendela dan pintu lebih ditonjolkan sehingga terlihat jelas batas-batasnya antara jendela dengan dinding rumah. Perpaduan warna hijau lumut dan abu-abu akan menjadikan rumah menjadi tampak dingin dan teduh sehingga penghuni merasa sejuk di dalam rumah.

4. Pahami Dasar Warna
Dalam memilih warna sebaiknya pahami terlebih dahulu warna primer dan warna sekunder serta warna tersier. Warna primer ada tiga macam yaitu seperti merah, kuning dan biru. Sementara untuk warna sekunder merupakan warna kombinasi atau campuran dari warna-warna primer yang terbagi menjadi tiga warna yaitu orange, hijau dan ungu. Sedangkan warna tersier adalah kombinasi antara 3 warna sekunder tadi yang menghasilkan 6 (enam) warna. Sehingga jika ditotal seluruh warna dasar terdapat 12 macam warna.

5. Kombinasi Warna
Dalam melakukan kombinasi warna terdapat tiga macam aturan atau prinsip yang biasa digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Warna sekeluarga akan selalu welcome. Umumnya warna-warna ini akan selalu baik jika dipadukan dengan warna-warna sekeluarga. Dapat dicontohkan pada warna merah dipadukan dengan warna merah yang lain. Atau warna hijau dipadukan dengan warna hijau lainnya. Ada yang menyebutnya dengan skema monokromatik: semua warna diturunkan dari satu warna tunggal.
  • Warna bertetangga adalah teman. Perpaduan warna yang bertetangga juga dapat menghasilkan warna yang menarik. Seperti warna merah dengan warna orange atau violet / ungu. Pada kombinasi ini sering disebut dengan skema analog.
  • Warna berlawanan adalah menarik. Tidak mesti memadukan warna-warna yang berlawanan akan menghasilkan warna yang tidak serasi. Warna yang berlawanan atau kontras akan bisa saling melengkapi pada warna-warna yang pas. Bukan cuma manusia yang punya pasangan, warnapun punya pasangan natural yaitu warna yang berlawanan 180 derajat. Tidak salah memang jika warna seperti merah dengan hijau dapat dikombinasikan secara bagus.  Oleh sebab itu perpaduan warna ini sering disebut dengan skema komplementer

contoh kombinasi warna rumah minimalis 1
Contoh 1
kombinasi warna eksterior rumah minimalis
Contoh 2
Contoh 3
Kombinasi warna cat pada rumah minimalis memang sangat lazim dilakukan, hal ini untuk mendukung ketegasan pada suatu ruangan maupun untuk menyerasikannya dengan berbagai perabotan yang ada pada ruangan tersebut. Warna juga bisa mencerminkan keadaan atau suasana yang ada di dalam maupun di luar rumah. Seperti halnya ruang depan rumah yang bisa diibaratkan sebagai muka. Pemilihan warna yang pas akan menjadikan rumah terlihat menarik dan sedap dipandang dimata. Apalagi jika disesuaikan dengan keadaan disekeliling ruang depan rumah, apakah ada taman atau hal lainnya. Hal tersebut akan menjadi semakin nyaman bagi penghuni maupun tamu yang datang ke rumah. 

Untuk rumah minimalis disertai taman depan bisa mengkombinasikan warna hijau, kuning, dan coklat.
contoh kombinasi warna rumah minimalis 2
Contoh 4
contoh kombinasi warna rumah minimalis 3
Contoh 5
Gambar diatas adalah beberapa contoh kombinasi warna eksterior rumah minimalis dan keputusan tetap di tangan anda dan jangan pernah takut untuk berinspirasi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 22.56

0 komentar:

Posting Komentar

CB