Koleksi Terbaru Denah Rumah Minimalis Modern

Posted by Unknown on 05.54

Koleksi Terbaru Denah Rumah Minimalis Modern-Tidak salah memang kenapa sekarang banyak orang memilih menggunakan desain rumah minimalis daripada model desain rumah lainnya seperti romawi ataupun gudangan. Mungkin desain-desain rumah yang lain menurut kebanyakan orang sudah ketinggalan zaman. Jika melihat ke beberapa perumahan yang sedang dibangun ternyata memang desain rumah minimalis mendominasi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Beberapa alasan yang mendasari antara lain karena kesederhaannya namun tetap modern, lebih rapih dan bersih juga artistik. Ada juga karena ikut-ikutan karena sedang trend. Dan inti dari minimalis adalah mendapatkan hasil yang maksimal dari sesuatu yang minimal. Minimal disini bisa luas tanahnya, luas ruangannya, perabotnya, aksesorisnya dan lain-lain.

Walaupun rumah minimalis lebih simpel dari model rumah lainnya, namun keberadaannya tetap diminati sebagian besar orang. Kecenderungan orang dengan rumah minimalis tentu saja membuat konsep-konsep rumah minimalis semakin dicari. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai denah rumah minimalis modern. Untuk membuat denah rumah khususnya rumah minimalis tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menuangkan ide-ide yang terlintas di pikiran anda kemudian tuangkan kedalam coretan-coretan kertas terlebih dahulu. Jika anda belum menemukan ide bagaimana denah rumah yang anda inginkan, bisa dilakukan dengan berkeliling disekitar tempat tinggal anda kemudian saat anda menemukan rumah yang dirasa sesuai dengan anda langsung saja dijepret dengan kamera handphone, lalu tuangkan dalam garis-garis denah rumah.

Membuat denah rumah berbeda dengan membuat desain rumah. Denah rumah merupakan gambaran dimana posisi ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, taman hingga tempat menjemur pakaian akan ditempatkan pada posisi tertentu di rumah. Disamping itu penempatan barang-barang juga mulai direncanakan pada pembuatan denah rumah, namun denah rumah tidak sedetail desain rumah. Denah rumah biasanya berupa tampak atas dari suatu rumah disertai dengan detail ukuran-ukuran ruang maupun barang yang ada didalamnya.

Cara Membuat Denah Rumah Minimalis
1. Ukur Tanah
Sebelum membuat denah rumah minimalis, sebaiknya dilakukan pengukuran secara detail terlebih dahulu tanah yang akan anda gunakan untuk dibangun rumah minimalis, berapa ukurannya disertai dengan kemiringan tanah maupun bentuk tanahnya apakah persegi, trapesium disertai dengan sudut-sudutnya. Kemudian, buatlah sketsa dari hasil pengukuran tadi pada sebuah kertas menyesuaikan dengan keadaan tanah yang sudah anda ukur sebelumnya. Jika memungkinkan dilengkapi dengan petunjuk arah dan keadaan disekeliling rumah apakah disamping kanan kiri ada rumah atau ada jalan raya di depan tanah yang akan dibangun rumah

2. Kebutuhan Ruang
Setelah diketahui ukuran tanah secara detail dan telah dibuatkan sketsanya serta mengetahui kondisi di sekeliling tanah, anda bisa menyusun kebutuhan ruang apa saja yang akan dibuatkan dalam rumah yang akan anda bangun. Tentu saja dimulai dari ruang-ruang utama rumah seperti ruang tamu, kamar tidur utama dan kamar mandi. Setelah itu baru ditulis ruang-ruang yang lain seperti dapur, ruang keluarga, taman, teras depan rumah, kolam ikan dan lain-lain. Pencatatan kebutuhan ruang ini akan berguna untuk mengetahui kesesuaian antara ketersediaan luas tanah dengan ruang yang dibutuhkan. Sehingga jika dirasa ruang yang dibutuhkan ternyata lebih banyak daripada luas tanah yang tersedia, dapat dicarikan alternatif seperti dengan menambahkan satu lantai lagi dirumah yang akan anda bangun. Disamping itu dengan mencatat semua ruang yang akan dibangun akan diketahui berapa besar biaya yang dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah baik dari segi material yang akan digunakan maupun sumber daya manusia yang dibutuhkan.

3. Tentukan Hubungan Antar Ruangan
Setelah diperoleh data ruangan apa saja yang akan dibangun, anda dapat mulai dengan menentukan hubungan antar ruangan. Misalnya pada ruang tamu akan dihubungkan langsung dengan ruang keluarga. Atau ruang keluarga akan ditempatkan berdekatan dengan ruang makan. Dengan diketahui terlebih dahulu menentukan hubungan antar ruangan akan menjadikan lebih mudah dalam membuat denah rumah minimalis.

4. Sesuaikan dengan Lingkungan Luar
Dengan mengetahui kondisi lingkungan luar tanah yang akan anda bangun rumah, anda bisa dengan mudah menyesuaikan denah rumah anda. Misalkan pada kondisi tanah yang berdempetan dengan rumah lain baik disamping kanan kiri dan belakang, sementara hanya ada ruang lapang di depan anda bisa membuat denah rumah jendela berada didepan rumah.

5. Bicarakan dengan Anggota Keluarga
Untuk membuat rumah yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga, mutlak seluruh anggota keluarga mengetahui rencana pembangunan rumah dan keadaan rumah setelah selesai dibangun. Sehingga cara terbaik adalah dengan mendiskusikannya dengan anggota keluarga anda.

6. Siapkan Peralatannya
Untuk membuat denah rumah yang sederhana mungkin hanya memerlukan kertas, penggaris dan pensil. Namun ada kendala tersendiri yaitu kemudahan dan waktu yang diperlukan untuk membuatnya. Penggunaan aplikasi komputasi desain rumah bisa menjadi salah satu alternatif terbaik dalam membuat denah rumah. Tentu saja peralatan utama yang dibutuhkan adalah komputer dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Selain komputer, harus ada juga aplikasinya. Saat ini telah tersedia berbagai tools yang bisa digunakan untuk membuat denah rumah minimalis. Tools tersebut ada yang tersedia secara gratis dan tinggal download saja dari internet maupun perlu membayar lisensinya. Beberapa tools gratis tersebut seperti google sketcup, software paradise,

Berikut kami tampilkan beberapa desain denah rumah minimalis modern yang bisa menjadi referensi anda dalam membangun rumah impian.

desain denah rumah minimalis modern ke 1

desain denah rumah minimalis modern ke 2

desain denah rumah minimalis modern ke 3

desain denah rumah minimalis modern ke 4

desain denah rumah minimalis modern ke 5

desain denah rumah minimalis modern ke 6

desain denah rumah minimalis modern ke 7

desain denah rumah minimalis modern ke 8

desain denah rumah minimalis modern ke 9
sumber denah: rumahcoy.blogspot.com
Dari desain denah rumah minimalis yang kami tampilkan, semuanya merupakan tipe rumah 36 hal ini dikarenakan saat ini tipe rumah yang paling banyak diminati adalah tipe 36. Mungkin dilain waktu akan kami tampilkan desain denah rumah minimalis modern terbaru dengan ukuran yang lebih bervariasi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 05.54

0 komentar:

Posting Komentar

CB